KEMDIKBUD LUNCURKAN APLIKASI DATA POKOK PENDIDIKAN MENENGAH (DAPODIKMEN)

  • Admin
  • Rabu, 05/03/2014
  • Umum
  • 2744 hits

Pada tanggal 2 Mei 2014 bertepatan dengan hari pendidikan nasional (Hardiknas), Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah (Ditjen Dikmen) kemdikbud meluncurkan data pokok pendidikan menengah (dapodikmen) sebagai mementum semangat pendataan. Dapodikmen ini yaitu aplikasi pendataan untuk menjaring data individual sekolah menengah, yaitu SMA, SMK dan SMLB. Aplikasi tersebut diberi nama aplikasi Dapodikmen, yang dapat diakses dengan alamat http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id.

Direktur Jenderal (Dirjen) Dikmen, Achmad Jazidie mengatakan, aplikasi Dapodikmen ini bukan merupakan aplikasi baru, melainkan pengembangan dari aplikasi PAS (Paket Aplikasi Sekolah) yang dimiliki Ditjen Dikmen sebelumnya. “Dapodikmen ini pengembangan lebih lanjut dari aplikasi yang sudah ada. Sehingga PAS untuk SMA, SMK dan SMA-LB diintegrasikan,” ujarnya dalam peluncuran Dapodikmen di Gedung D Kemdikbud, Jakarta, (02/05/2014).

Jazidie menjelaskan, berdasarkan Surat Edaran Mendikbud No. 0293/MPK.A/PR/2014, tidak ada lagi penjaringan data di luar sistem pendataan Dapodik. “Ini sudah menjadi kebijakan menteri,” tegasnya. Ia juga menekankan pentingnya data untuk sebuah perencanaan. Dan perencanaan merupakan langkah awal untuk pengembangan berbagai hal, termasuk di bidang pendidikan.

Sementara Sekretaris Ditjen Dikmen, Sutanto mengatakan, Dapodikmen juga dibutuhkan untuk mendukung suksesnya program Pendidikan Menengah Universal (PMU) dan implementasi Kurikulum 2013. Ditjen Dikmen, katanya, sudah menyiapkan perangkat lunak (software) Dapodikmen dan buku manual penggunaan aplikasi untuk dibagikan ke sekolah-sekolah sehingga memudahkan operator sekolah dalam menggunakan aplikasi Dapodikmen.

Acara peluncuran Dapodikmen juga dihadiri Staf Ahli Mendikbud Bidang Organisasi dan Manajemen, Abdullah Alkaff. Peluncuran ditandai dengan dibunyikannya sirine dan pemutaran video profil Dapodikmen.

(Desliana Maulipaksi), Publisher:Nurjolis/Primadi

: tanpa label

KOMENTAR

Apabila ada yang ingin dikonsultasikan, silakan untuk menghubungi kami.