^ Ke Atas
 
HEADLINE:
2014-04-13 09:55:18 - UN sebagai Standar Nasional untuk Pemetaan Mutu Sekolah <0> 2014-03-05 09:57:26 - Kemdikbud Luncurkan Aplikasi Data Pokok Pendidikan Menengah (Dapodikmen) <0> 2014-05-03 10:06:53 - Hardiknas 2014, Pendidikan untuk Peradaban Indonesia yang Unggul <0> 2018-07-19 14:47:40 - MPLS SMKN 57 JAKARTA 2018 <0> 2016-03-04 13:39:19 - US Siapa Takut <0>
Optimalkan Otak
Diposting pada: 2016-04-13 07:37:44 | Hits : 2875 | Kategori: Pendidikan
 

TEMPO.CO, Boston - Otak merupakan pusat dari segala pikiran yang akan berpengaruh secara keseluruhan pada tubuh. Maka, penting untuk mengoptimalkan fungsi otak agar otak dapat bekerja dengan lebih efektif.

Berikut 3 cara membuat otak Anda bekerja lebih cepat:

1. Manfaatkan Logika Anda
"Ketidakteraturan seringkali disebabkan oleh kecemasan dan ketakutan," kata Paul Hammerness, asisten profesor dari psikiatri di Harvard Medical School. Perasaan itu diproses di amigdala, bagian otak yang primitif. Sebaliknya, pikiran rasional, merupakan landasan dari organisasi efektif hampir selalu didapati pada korteks prefrontal. Pecahkan area ini dengan mengisi biaya laporan atau menatap pengolah angka. Maka Anda akan bisa berpikir lebih logis dan mengerjakan tugas dengan lebih efisien.

2. Gerakkan otot memori Anda
Hal pertama pada pagi hari, bayangkanlah Anda mengerjakan tugas harian langkah demi langkah. Biasakan untuk membayangkan daftar pekerjaan yang harus dilakukan untuk menstimulasi memori kerja Anda. Ini merupakan bagian dari otak Anda yang membantu Anda menyimpan dan menggunakan informasi kompleks.

Jika ada interupsi (misalnya telepon berdering) buatlah upaya sadar untuk menanyakan diri Anda bahwa Anda perlu merespon tindakan yang bisa memunculkan memori kerja Anda. Jika Anda sudah bereaksi(atau belum), lihat kembali daftar pekerjaan yang harus anda lakukan dalam pikiran Anda. Semakin Anda gunakan memori kerja, maka Anda akan semakin larut dalam pekerjaan. Tentunya Anda akan berada dalam kontrol yang baik.


3. Istirahatkan otak Anda
"Meski otak mempunyai sistem kerja yang mengagumkan, ada batasan dimana otak memerlukan istirahat," kata Hammerness. Kebanyakan orang dewasa hanya bisa fokus pada satu pekerjaan hanya dalam waktu 60 menit. Untuk memberi rentang bagi perhatian Anda, berhentilah bekerja selama beberapa jam dan berjalanlah di sekitar. Tindakan baru lainnya akan me-reset otak dan Anda siap untuk kembali bekerja.

 

Posting Lainnya:

« Kembali

MUTIARA HADIST
Rukun Islam :
Dari Abi Abdurrahman Abdillah Bin Umar Bin Khattab Ra. Berkata: Aku Telah Mendengar Rasulullah Saw Bersabda: "Bangunan Islam Itu Atas Lima Perkara Mengakui Bahwa Tiada Tuhan Melainkan Allah Dan Sesungguhnya Muhammad Itu Utusan Allah, Mendirikan Shalat, Mengeluarkan Zakat, Mengerjakan Haji Ke Baitullah Dan Puasa Bulan Ramadhan."

 

BERITA FOTO

Silahkan dan Share Fanspage kami


ARTIKEL

Posting lainnya: